Jumat, 19 Oktober 2018


Tak terasa di pertengahan bulan ini, genap 13 tahun saya berkecimpung di dunia persahaman, pahit, manis bursa saham telah saya jalani, proses trading dijalani secara kontinu dan berkelanjutan, hanya ada jeda sekitar 6 bulan pada pertengahan tahun 2008.

Ketika itu bursa kita didera krisis suprime mortgage yang berasal dari Amerika, sehingga memporakporandakan perekonomian global, tetapi pada waktu tersebutpun saya masih aktif untuk berinvestasi di reksadana saham, tetapi waktu 13 tahunpun belum cukup untuk menggali semua benang merah arah kondisi bursa serta emiten di dalamnya, sayapun masih terus belajar, karena ternyata banyak hal-hal baru yang belum saya pahami.

Untuk investor pemula  yang baru saja berkecimpung di dunia saham dengan jam terbang yang masih kurang dari 3 tahun, atau bagi investor yang baru saja ingin memperdalam ilmu dan berinvestasi di pasar modal kita, saya memberikan tips untuk tidak menyerah dengan kondisi bursa saat ini, yang didera koreksi -15% dari titik tertingginya.

Proses belajar yang terhenti di tengah jalan, tidak akan menghasilkan apapun, kecuali kerugian yang terekam dalam ingatan, kerugian demi kerugian, anggaplah sebagai uang sekolah anda di bursa saham, karena begitu anda lulus, uang sekolah tersebut akan tergantikan, bahkan akan diganti dengan nilai yang berlipat ganda.

Tentu saja untuk bertahan dan mencapai hal tersebut tidak mudah, dari 100 orang yang memulai trading di bursa, yang tersisa hanyalah 2 orang saja, sedangkan yang lainnya berhenti dengan hasil akhir kerugian yang dalam.

Kondisi saat ini sejatinya saat pas untuk belajar dan mengasah ilmu, ketika pada saatnya sudah siap, dan pasar bergerak bullish, itulah saatnya kita akan memanen semua ilmu dan jerih payah kita.



0 komentar:

Posting Komentar

statistik web

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.

Buku Penulis

ALLIGATOR TRAINING EVENT

ALLIGATOR TRAINING EVENT

PUBLIC CHANNEL

FACEBOOK GROUP

WA PREMIUM